Minggu, 21 November 2010

PROFIL DPP AMKI PAPUA




DATA ANGKATAN MUDA KEMAH INJIL
(AMKI) PAPUA


1.       PENDAHULUAN
Dalam sejarah pelayanan Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua pada usia ke 46, generasi muda KINGMI dengan suatu tekat mencetuskan ide pembaharuan dalam pelayanan, seperti dibuktikan pada tanggal, 26 Juli 2006 di Nabire pada Musyawarah Pemuda ke IV dengan Deklarasi Pemuda yang melahirkan wadah Angkatan Mudah Kemah Injil (AMKI) di Tanah Papua sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan pemuda yang bergerak dibidang Sosial kemasyarakatan dan religi, serta dengan semangat kejuangannya yang kritis, dinamis dan rasional untuk menegakkan Demokrasi, Keadilan dan Supremasi Hukum yang berakumulasi secara sinergik telah melahirkan AMKI sebagai wadah pemersatu Angkatan Muda KINGMIl di Tanah Papua.
Kaum muda sebagai sumber insani dan ahli waris serta penerus cita-cita Gereja dan bangsa, perlu mempersiapkan dan membina diri menjadi kader-kader penerus Gereja, bangsa dan Negara, agar dapat menjadi generasi penerus yang berpandangan rasional, berbudi pekerti luhur, dan memiliki keterampilan serta bertanggung jawab demi masa depan gereja, bangsa dan negara yang lebih baik.
Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) Papua sebagai warga negara dan masyarakat, AMKI memiliki tanggung jawab untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran kaum muda sebagai suatu bangsa yang berlandaskan Alkitab dan berpedoman pada ajaran Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempercepat pembangunan di tanah Papua demi kemajuan dan kesejahteraan umat/masyarakat di Tanah Papua.
Untuk melanjutkan dan melaksanakan cita-cita gereja dalam rangka  mempersiapkan tunas-tunas kader gereja dan bangsa dengan panggilan Ilahi dan mewujudkan tanggung jawab dalam mengembang Amanat Agung Yesus Kristus, maka organisasi pelayanan pemuda Gereja dan seluruh potensi pemuda KINGMI di Tanah Papua berhimpun dalam Organisasi Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) Papua, dengan semangat kebersamaan untuk menumbuhkan, menggerakkan serta menyalurkan dinamika, militansi dan idealisme Angkatan Muda KINGMI di Tanah Papua demi tercapainya masa depan yang lebih baik.
Sadar akan sepenuhnya akan panggilan Tuhan dalam pelayanan, fungsi dan tanggung jawab kaum muda, maka dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, generasi muda telah menetapkan organisasi ANGKATAN MUDA KEMAH INJIL (AMKI) sebagai wadah Pembinaan dan Pengkaderan Anak Gereja yang terabaikan. Sudah puluhan tahun hak Generasi Muda untuk mendapat perlindungan, pembinaan dan pengkaderan di Tanah Papua disegala bidang diabaikan oleh Gereja maupun Pemerintah. Untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan Generasi muda lahirlah AMKI yang merupakan wadah refresentasi dari Perkumpulan Pemuda KINGMI yang terdiri dari Pengurus Angkatan Muda Tingkat Kabupaten sampai Kampung, Organisasi Pelayanan Pemuda Gereja, Persekutuan Pemuda KINGMI, Asrama Pemuda Kingmi. Jumlah wadah yang tergabung dalam AMKI adalah 79 Organisasi Pemuda Klasis dan 1013 organisasi Pemuda Jemaat KINGMI di Tanah Papua, 19 organisasi persekutuan pemuda KINGMI, 9 Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa/i KINGMI, 6  Asrama KINGMI.  Wadah AMKI ini dipimpin oleh Yesaya Pigome, SH sebagai Ketua DPP. AMKI Papua dan dibantu oleh 85 anggota Pengurus AMKI yang terbagi dalam 5 Departemen dan 15 Biro. AMKI telah terdaftar di KNPI Provinsi Papua secara faktual dan sedang melaksanakan konsolidasi organisasi untuk memenuhi syarat administratif di 17 Kabupaten se- Tanah Papua dan AMKI beranggotakan seratus ribu lebih anggota generasi muda terdiri dari anggota, kader dan pembina. AMKI Papua memiliki AD/ART, Arah Kebijakan, Visi dan Misi, Program Kerja dan peraturan lainnya sebagai haluan/Dasar Hukum organisasi.
Agenda terbentuknya Organisasi Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) Provinsi Papua  yang ditetapkan dalam Musyawarah Pemuda Daerah ke IV di Nabire, menurut kami agenda ini  tidak boleh dilihat lepas dari masalah global dalam pelayanan. Karena agenda ini merupakan  siasat Angkatan Muda Kemah Injil  secara lembaga menghadapi “tanda-tanda jaman” yang ditandai dengan terbukanya jaringan komunikasi antar pemerintah, perkumpulan pemuda dan masyarakat seiring dengan hadirnya era globalisasi. Umat/masyarakat akar rumput terutama generasi penerus gereja dan bangsa telah merasakan dampaknya sehingga terjadi kebangkitan generasi muda yang ditandai dengan kesadaran untuk menyikapi perubahan yang sering disebut Transformasi Lembaga; atau transformasi struktural  lembaga dan berpikir secara global dan bertindak lokal. Berhadapan dengan kenyataan yang penuh persaingan sebagai bagian dari globalisasi, wajar apabila AMKI bertekad untuk membenahi lembaga kepemudaan dewasa ini. Dengan agenda terbentuknya AMKI kami akan membangun jaringan dan kerja sama antar pemerintah di tingkat provinsi sampai kampung, KNPI, lembaga/OPP yang ada di tanah Papua menghadapi kekuatan yang memecah bela tali persaudaraan dalam pelayanan baik eksternal maupun internal generasi mudah.
AMKI merupakan wadah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OPP) lokal dan mandiri di Tanah Papua yang bergerak di bidang pembinaan, pengkaderan dan religi. AMKI berstruktur dari tingkat Provinsi sampai Kampung. AMKI tingkat Provinsi disebut Dewan Pengurus Pusat (DPP), AMKI tingkat Kabupaten disebut Dewan Pengurus Kabupaten (DPK), AMKI tingkat Distrik disebut Dewan Pengurus Distrik (DPD), dan AMKI Tingkat Kampung disebut Pengurus Kampung (PK).
Harapan kami kedepan dengan terbentuknya AMKI Papua kami siap menjadi mediator dan mitra kerja pemerintah dalam pembangunan dan bergandeng tangan membangun sumberdaya dan memberdayakan generasi mudah di Tanah Papua, khususnya kawasan-kawasan yang belum disentuh pembangunan dibidang pembinaan dan pengkaderan generasi muda.

2.       NAMA ORGANISASI
Angkatan Muda Kemah Injil

3.       SINGKATAN
AMKI

4.       ALAMAT
Jalan Dr. Sam Ratulangi No 13 APO Jayapura
(Samping Kantor Sinode Gereja Kemah Injiil (KINGMI) Papua)

5.       TELEPON
Telp/Fax.                  : (0967) 532053 APO Jayapura
E-mail                       : amki_provinsi@yahoo.co.id        
Blogspot                    : http://amkipapua.com    
HP. Ketua AMKI          : 081248508092
HP. Sekretaris            : 085254470511

6.       TANGGAL BERDIRI
Tanggal berdirinya Organisasi Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) Papua pada tanggal 26 Juli 2006 di Nabire

7.       PENDIRI
Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) Papua didirikan oleh Biro Pelayanan Pemuda Gereja Kemah Injil Wilayah Papua Periode 2002 – 2006.
1.    Dolly Tebay, SKM
2.    Yesaya Pigome, SH.
3.    Zakeus Degey, ST
4.    Arnol Karubaba, S.Pd.
5.    Nelly Tebai
6.    Wempi Frasawi

8.       SIFAT  ORGANISASI
Sifat organisasi Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI) adalah bersifat pelayanan religi yang terbuka dan independen

9.       FUNGSI ORGANISASI  
a.    AMKI berfungsi sebagai wadah berhimpun Angkatan Muda Kemah Injil dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan.
b.    AMKI berfungsi sebagai forum komunikasi dan penyalur aspirasi Pemuda Gereja dan persekutuan pemuda dalam meningkatkan derajat, taraf hidup, status dan kesejahteraan sosial.
c.    Sebagai wadah persatuan pemuda guna mempercepat usaha pencapaian tujuan.

10.    TUJUAN ORGANISASI
a.    Terwujudnya kesatuan dan persatuan Angkatan Muda Kemah Injil (AMKI), dalam rangka memelihara keutuhan pelayanan internal dan eksternal Gereja.
b.    Terberdayakannya potensi Angkatan Muda Kemah Injil dalam segala aspek kehidupan Gereja, bangsa dan negara guna terciptanya pelayanan yang mampu menjamin kesinambungan pembangunan dan pelayanan di Provinsi Papua.
c.    Berperan aktifnya seluruh proses pengkaderan dan pembinaan dalam rangka mempercepat proses tercapainya tujuan dan cita-cita Kemah Injil Papua, yakni terwujudnya warga gereja dan masyarakat Papua yang aman, tentram, damai, adil dan sejahtera berdasarkan Alkitab, Pancasila dan UUD 1945.

11.    PENGURUS HARIAN AMKI MASA BAKTI 2006-2010
1.  Ketua                   : Yesaya Pigome, SH.                                       
2.   Sekretaris Jendra   : Zakeus Degey, ST      
3. Bendahara Umum    : Hagar Maday
                    
12.    LAMBANG AMKI











 Arti Simbol AMKI Papua
   Lampu Fijar bening Gaya Muda
   Logo Injil Empat  Berganda : Menjunjung tinggi visi, misi, azas, dan tujuan Gereja Kemah Injil
   Perahu Merah : Berani dan Percaya Diri
   Putih : Bersi jujur dan peduli
   Peta Papua : Nasionalis, Demokratis, Kerakyatan dan Religius.
   Kitab Terbuka : Terbuka fluralis
   Drat Fijar : Ramah santun dan renda hati
   Roda Setenga lingkar : Transparan dan bertanggung jawab
  Gerigi Roda :  Bergerak cepat dan dinamis
  Sumbu   : Kekar kokoh  dan energik
Pita Kuning tulisan AMKI Papua : Identitas dan Jati diri yang bersifat Tegas tajam dan cerdas

13.    PETA PELAYANAN AMKI

PETA WILAYAH PELAYANAN
AMKI PAPUA

14.    JUMLAH CABANG
Jumalah cabang AMKI Tingkat Kabupaten terdiri dari :

NO
URUT
WILAYAH AMKI
KODE
PROVINSI
STATUS
1
Kabupaten Paniai
01
Papua
Definitif
2
Kabupaten Nabire
02
Papua
Definitif
3
Kabupaten Puncak Jaya
03
Papua
Definitif
4
Kabuputen Mimika
04
Papua
Definitif
5
Kabupaten Jayawijaya
05
Papua
Definitif
6
Kabupaten Yahukimo
06
Papua
Definitif
7
Kabupaten Merauke
07
Papua
Definitif
8
Kabupaten Jayapura
08
Papua
Definitif
9
Kabupaten Serui
09
Papua
Definitif
10
Kabupaten Biak
10
Papua
Definitif
11
Kabupaten Fak-Fak
11
Papua
Periapan
12
Kabupaten Sarmi
12
Papua
Definitif
13
Kabupaten Sorong
13
Papua Barat
Persiapan
14
Kabupaten Manokwari
14
Papua Barat
Persiapan
15
Kabupaten Keerom
15
Papua
Definitif
16
Kota Jayapura
16
Papua
Definitif
17
Kabupaten Pegunungan Bintang
17
Papua
Persiapan
18
Kabupaten Dogiyai
18
Papua
Definitif
19
Kabupaten Deiyai
19
Papua
Depinitif
20
Kabupaten Intan Jaya
20
Papua
Persiapan
21
Kabupaten Puncak
21
Papua
Definitif
22
Kabupaten Nduga
22
Papua
Definitif

15.    STRUKTUR ORGANISASI


16.    SUSUNAN PENGURUS AMKI

A.    DEWAN PEMBINA
:

1.     Yance Kayame, SH.
2.    Yotam Sumbari, S.Sos.
3.    Dr. Benny Giay
4.    Dr. Noakh Nawipa
5.    Jan Tebai, SE.
6.    Drs. Ayub Kayame
7.    Hengki Kayame, SH.
8.    Wim Mauri, S. PAK.
9.    Drs. Menase Kotouki, M.Si


10.   Drs. Simion Itlay
11.   Derek Pakage, S.IP
12.   Drs. Mazmur Asso, MA
13.   Bertus Tabuni, S.T.
14.   Alberth Yogi, S.Pd.
15.   Wempi Frasawi
16.   John Sasarari
B.    DEWAN PENGURUS       :
         I.     Ketua Umum
Wakil Ketua
:
:
YESAYA PIGOME, SH.
1.   Ruben Magay, S.Sos.
2.   Adi Wetipo, S.IP.
3.   Eduard Dimo
4.   Deky Degey, SE.
5.   Darius Murib, S. PAK.
6.   Yahya Aspalek, S.PAK.
7.   Nelson Yowei

        II.     Sekretaris Umum
Wakil Sekretaris
:
:
ZAKIUS DEGEY, ST.
1.  Hofnie P. Tebay, SH. M.Hum.
2.  Yess Komba, SE.
3.  Andi Wesinai, S.PAK,
4.  Ananias Pigay, S. Sos.
5.  Jan Sekenil
6.  Naftali Kobepa
7.  Yulius Murib, S.Sos
8.  Bonny Pontius Yelipele, Amd Tek.

       III.     Bendahara Umum
Wakil Bendahara
:
:
Hagar Madai
1.    Ucu Ayomi, SE.
2.    Viviyon Tebay, SKM.
3.    Nelly Tebay
4.    Loisa Togodli, Sm. K
5.    Nayon Wetapo
6.    Hendinus Asso Amd Kom.
7.    Zara Marin
8.    Petromeus Catue






C. DEPARTEMEN-DEPARTEMEN

 I.     Departemen Organisasi dan Manajemen.
a.    Sub Bidang Organisasi, Administrasi dan Kesekretariatan
1.    Agus Tebai, S.Pd.
2.    Agus Alua S.Sos
3.    Daniel Tenoye
4.    Samneles Pigai
5.    Isey Gwijangge
6.    Yopy Payage
b.    Sub bidang Pelatihan dan Kadernisasi
1.    Sisilia Motte, S.Sos.M.Si.
2.    Elias Wenda, SE, M.Si.
3.    Ruth Togothli S.Th
4.    Oktavianus Youw S.sos
5.    Yeskiel Asso, Amd. P.
6.    Albert Keiya, S.PAK.
c.    Sub Bidang Teknologi Informasi dan komunisasi
1.    Elikus Pigai S.Com
2.    Lidia Togotli
3.    Abia Pigai S.Com
4.    Herdinus Asso, Am.Com
5.    Ahas Giban, Amd. Sos.

d.    Sub Bidang Perlengkapan
1.    Frans Nawipa, S.Sos
2.    Amos Bunai
3.    Ben Nawipa
4.    Lukas Pigome, SH

II.     Departemen Pengembangan Pemuda
a.    Sub bidang Bakat dan ketrampilan
1.    Yance Kegiye
2.    Alpius Meage
3.    Gerson Kotouki Amd.Kom
4.    Alpius Meage, SE.
a.    Sub bidang Pengembangan ekonomi dan Kewirausaan
1.    Ikabus I Gwijangge, SE.
2.    Melvin Yeimo, SE.
3.    Andreas Goo S.Sos
4.    Alius Murib SE
b.    Sub bidang Pendidikan dan Pengembangan
1.    Dani Tabuni, S.T. MM.
2.    Alince Bunai
3.    Alex Tabuni
4.    Petrus Nawipa
5.    Matias Aspalek
c.    Sub bidang Kerja sama antar lebaga
1.    Elias Edowai
2.    Oktovianus Nawipa
3.    Zakarias Heluka
d.    Sub Bidang Kerja sama Luar Negeri
1.    Aser Pigay, Amd Par
2.    Markus Kilungga, S.Th.
3.    Tina Kayame
4.    Elius Wantik S.Pd
e.    Sub bidang Politik dan ketahanan
1.    Yakoba Tebay
2.    Stepanus Iyai
3.    Yemmi Boma S.Sos
4.    Leo Keiya, S.Sos.
5.    Kalvin Numberi
6.    Benyamin Sawu
f.     Sub Bidang Olah Raga dan SDM Olah Raga
1.    Petrus Keiya, S.Kom
2.    Alberth Kayame, S.T.
3.    Nimroth Pigome, SE.
4.    Mariyon Pakage
5.    Petrus Youw

III.     Departemen Hukum Dan Hak Asasi Manusia
a.    Sub bidang Hak Asasi Manusia:
1.    Dominggus Pigay, S.IP.
2.    Yahya Awue
3.    Abner Wetipo SH
4.    Martinus Pigome S.Sos.Ag.
5.    Delius Wandikbo, SH.
6.    Yulianus Heluka
b.    Sub bidang hukum
1.    Matius Murib S.PAK.
2.    Martius Tebai SH
3.    Nurhana Yarinap,S.PAK
4.    Yohan Pigome SH
5.    Naftali Edowai, SH.
c.    Hubungan Keagamaan
1.    Jefri Pakage
2.    Alberth Asso

IV.     Departemen Sosial Kemasyarakatan
a.    Bidang Sosial Budaya dan Seni
1.    Darius Nawipa
2.    Efrahim Numberi
b.    Sub Bidang Perikanan dan Kelautan
1.    Kalvin Wanggay
2.     
c.    Sub bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan hidup
1.    Lesman Tabuni, S.KM.
2.    Ersina Motte
3.    Barnabas Kosai Amd.Kes
4.    Oligen Giai
5.    Simion Payage
d.    Sub bidang Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan
1.    Ir. Tebay
2.    Martinus Mumiake
3.    Aten Agapa
4.     
e.    Sub bidang kesehatan
1.    Barnabas Kosay, Amd. Kes
2.    Matius Anouw
3.    Festus Asso
4.    Yan Nawipa
5.    Phlipus Aspalek

f.     Sub Bidang Pendampingan dan Monitoring Program Pemberdayaan Kampung
1.    Alberth Keiya, MA
2.    Markus Kilungga, S.Th.

V.     Departemen Kemanusiaan
a.    Sub bidang AMKI Servis Center/SAR
1.    Deki Wenda S.T.
2.    Jefri Nawipa
3.    Yonatan Anouw
4.    EV.Paulus Elopere S.PAK

17.    TERDAFTAR DI KNPI
Sudah Terdaftar tahun 2006
-  Telah mengikuti Musda KNPI Tahun 2006 sebagai Peninjau
-  Telah mengikuti Raker KNPI Tahun 2007 di Biak
-  Telah mengikuti Musada KNPI tahun 2010
















3 komentar:

  1. Kami dari Badan Pengurus Komunitas Persekutuan Doa Generasi Muda Kwamki Narama Timika Papua. membutuhkan dukungan dan saran untuk mengembankan organisasi kami demi untuk memperjuangkan nasib dari anak2 kami, sebab kami tetap eksen dalam segaalah tisuasi di kalangan masyarakat kami di Kabupaten Mimika pada Khususnya untuk Distrik Kwamki Narama. Mksh Tuhan memberkati. Bisa Kunjunggi kami lewat Email. Kami. komunitasdoatimika@gmail.com

    BalasHapus
  2. Home study awi papua membutukan Buku - Buku Bekas

    BalasHapus